Minggu, 08 Desember 2013

#CeritaDariKamar - Boneka Kura-Kura


#CeritaDariKamar
Boneka Kura-Kura

 
Aku memiliki boneka kura-kura yang diletakkan di dekat bantalku. Boneka kura-kura itu bukanlah boneka biasa, karena boneka itu menyimpan cerita serta cahaya. Cerita yang tersimpan di dalam boneka  itu terjadi saat aku masih menjalani kehidupan di Sekolah Menengah Kejuruan. Cerita tersebut berawal dari seorang temanku yang meminjam bukuku pada bulan September 2011. Buku itu dipinjam untuk kakaknya sebagai bahan tugas kuliah. Setelah selesai digunakan, temanku menghubungiku untuk mengembalikan buku tersebut. Pada bulan September yang merupakan bulan ulang tahunku, temanku meminta aku untuk menemuinya di dekat masjid sekolah. Masjid sekolahku bertingkat, dan tempat ibadah untuk perempuan berada di lantai atas. Aku pun menuruni tangga untuk menemui temanku. Aku tersenyum saat melihatnya, ia pun demikian. Temanku menyerahkan buku yang dipinjamnya padaku, namun di dalam lembaran buku ada suatu benda yang membuat buku tersebut tidak tertutup rapat. Aku mengucapkan terima kasih sambil mengambil buku tersebut. Aku sempat bingung dengan buku yang aku terima, tapi  temanku hanya memberi buku tersebut, lalu pergi. Aku kembali ke lantai atas masjid sekolah, di sana aku membuka buku yang menjadi tebal karena terisi sesuatu. Aku kaget melihat boneka kura-kura yang  menjadi isi dari buku tersebut. Aku menatap boneka kura-kura itu dengan heran. Aku  mencari tombol di bagian bawah boneka, aku mengaturnya menjadi “on”. Setelah itu, aku menekan tombol yang ada di bagian atas boneka kura-kura itu. Lalu, aku dan teman-teman yang berada di sekitarku merasa terkejut. Di langit-langit masjid, kami melihat cahaya bintang-bintang dan satu cahaya bulan sabit. Terlihat indah bagi kami, apalagi ditambah dengan lagu yang biasa diputar sebelum tidur. Aku merasa terharu. Boneka kura-kura itu merupakan hadiah ulang tahunku.


  

 
Di kamar, aku suka menyalakan cahaya dari boneka kura-kura itu. Indah sekali bila malam hari aku melihat cahaya bulan bintang di langit-langit kamar, disertai lagu sebelum tidur, membuat aku memekarkan senyumku tanpa aku sadari.

 

Tapi, di tahun 2013 ini, aku kehilangan cahaya itu. Boneka itu sudah tidak bisa bercahaya lagi. Aku  juga tidak tahu apa penyebabnya. Namun boneka itu masih duduk manis di dekat bantalku. Di tahun ini juga, aku sudah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan dan sudah bekerja. Begitu pula dengan teman yang memberiku boneka kura-kura itu, ia sudah bekerja. Kami sudah tidak pernah bertemu lagi. Mungkin boneka kura-kura itu mengerti aku.  Boneka kura-kura itu tidak ingin melihat aku mengingat temanku saat aku memainkannya. Boneka kura-kura itu pasti sedih jika aku merindukan temanku yang sudah berada jauh dariku. Boneka itu tidak ingin aku sedih mengingat kenangan yang telah terjadi bersama temanku. Aku akui, kenangan bersamanya memang cukup indah, karena temanku tersebut adalah seorang yang puitis dan romantis. Kami sama-sama menyukai bulan dan bintang. Pasti itu alasan mengapa ia memberiku boneka kura-kura itu. Walaupun boneka kura-kura itu sudah tidak bisa bercahaya dan memainkan lagu sebelum tidur, boneka kura-kura itu tetap mempunyai cerita. Cerita antara bulan dan bintang. Cerita tentang aku dan temanku.

2 komentar :