Rabu, 13 Mei 2015

Rencana yang Lebih Hebat

Halo, Guys!
Gue sebenernya ngantuk, tapi lagi kepengen nulis aja.
Gue mau bilang sesuatu yang gue pelajari dari pengalaman gue akhir-akhir ini dan blognya Gitasav:
 
“Rencana Allah itu lebih keren dari rencana gue!”
Jadi gini…
Tanggal 11 Mei kemarin gue udah selesai magang, dan komentar dari para temen-temen yang masih pada muda-muda itu intinya cuma satu: “Wih, bebas, ya!”


Ya, begitu, deh. Kalau dibandingin sama tempat kerja yang lama beda budayanya. Yang ini soalnya pekerjanya usianya masih muda-muda, di bawah 30 tahun. Jadi ‘rasa ingin bebas’-nya masih ada, artinya nggak terlalu suka diatur. Beda sama tempat yang lama yang selalu ‘nrimo’ untuk diatur-atur karena merasa hanya sebagai pekerja, udah pada punya istri dan anak juga, udah nggak mikir macem-macem lah, yang penting bisa kerja aja udah bersyukur. Gitu. Budayanya beda. Gue mempelajarinya beberapa bulan ini, hehe.
Iya, gue bebas. Gue bebas karena gue bisa melanjutkan kewajiban lain yang seharusnya gue lakukan: bekerja FULL TIME.


Awalnya, waktu keputusan magang gue ambil, gue sudah merencakan sesuatu: bayar kuliah dari bulan Maret sampai Mei 2015 dari gaji magang, mau kerja magang aja yang penting di media, nggak mau kerja yang bukan ‘bidangnya’ lagi, supaya gue punya pengalaman kerja di bidang jurnalistik sebelum S1, mengingat saingan pekerja baru yang banyak beberapa tahun ke depan.


Dan rencana gue failed.
Gue bayar kuliah Maret-Mei dengan muter otak gimana caranya pinjem ke temen yang bisa bantu, karna uang yang udah gue rencanain ternyata dipakai buat keperluan keluarga. Gue nggak mungkin cuma MAGANG! Gue harus kerja FULL TIME biar gue bisa tenang kuliah, makan, dan tidur. Gue mana bisa kerja di media kalau gue belom S1?! Gue mana bisa kerja di bidang jurnalistik, kalau gue masih mengejar ‘bayaran kuliah’ dan bayaran-bayaran lain?! Kerja jadi wartawan yang gue tahu nggak langsung bisa dapet gaji gede, pasti kecil. Bahkan dosen gue bilang, “Jangan jadi wartawan kalau mau kaya!” Gue yang lulusannya SMK Akuntansi otomatis akan kemungkinan kerja di bidang admin atau keuangan lagi, atau malah planner karna pernah jadi PPIC. Dengan yang sesuai sama lulusan SMK dan pengalaman kerja itu, baru bisa dapet gaji UMR. Terus kalau gue udah berkecimpung di bidang jurnalistik, gue akan banyak menguras tenaga, waktu, pikiran, sedangkan buat ngerjain tugas kuliah aja udah susahnya minta ampun, belom lagi ngerjain tugas organisasi. Gue nggak bisa fokus. Kayak mau mati rasanya.
Gue nggak mau sok-sokan bisa padahal nggak bisa. Gue inget Ibu gue. Gue nggak mau ngecewain beliau cuma karna idealisme gue dan keegoisan gue. Gue tahu gue bukan anak orang kaya yang cuma tinggal ‘ngembangin diri’ kayak anak-anak yang lain yang dibayarin kuliahnya.


Rencana gue nggak sekeren yang gue pikir, kan?!
Dari semua yang terjadi, gue sadar nggak semua hal yang udah kita rencanakan, kita pikirkan, sesuai sama kenyataan. Gue akui rencana gue emang gagal, tapi Allah ngasih gue pelajaran yang gue juga nggak kepikiran.


Yang gue syukuri dan pelajari, tuh, banyak banget, deh! Dari mulai pelajaran tentang sistem kerja, idealisme, cara memimpin, cara berkomunikasi, cara mensyukuri hidup, penampilan, dan lain sebagainya… Setelah resign waktu itu dan memutuskan magang gue jadi belajar banyak.


Gue jadi ngerti sistem itu penting banget di perusahaan mana pun, kalau nggak ada sistem, aktivitas perusahaan jadi berantakan, itu akar dari masalah-masalah yang bisa terjadi. Gue sadar nggak bisa jadi manusia ‘sempurna’, karena ada Yang Maha Sempurna. Gue jadi ngerti: kalau komunikasi bisa merusak, maka seharusnya komunikasi juga yang bisa memperbaiki dan membangun. Gue sekarang ngerti kenapa orang dengan rela mau jadi badut, mau jadi pengamen, mau jadi penyebar brosur di jalan: mereka mau makan dan tetep hidup, jadi bersyukur buat kalian yang bisa bekerja ‘enak’, kalian masih bisa lanjutin hidup. Gue jadi kenal banyak orang dengan karakter yang beragam, nggak semuanya bisa cocok, yang bisa itu ‘saling memahami’. Gue jadi bisa lebih mengatur uang yang gue punya, dan paham tentang hukum lifestyle yang berkaitan sama ekonomi. Gue jadi ngerti kalau pola makan gue selama kerja ada yang salah (makan malem banget mulu), gue jadi belajar nggak makan mulu (jam makan gue berubah, kemungkinan gue bisa kurus, haha), gue jadi tahu apa yang selama ini nggak gue perhatikan (kantung mata, komedo, dsb), gue jadi paham cewek itu kayak gimana. Belajar naik commuterline dan beradaptasi sama manusia-manusianya (nanti gue ceritain tentang commuterline). Belajar dari nguping orang-orang di commuterline. Belajar kerja di Jakarta yang melelahkan dan keras. Belajar jalan kaki setiap hari. Banyak, deh, pokoknya!


Ternyata, rencana Allah yang nggak kepikiran itu lebih hebat!
So, segala sesuatunya jangan terlalu dipikirin banget-banget apalagi dibaperin banget, yang berlebihan juga nggak baik, lho! Just try and do your plans!
 
Don’t forget, Allah always knows what the best for you! :)
Semoga Sandra cepat dapat tempat kerja baru, Aamiin :) dan teman hidup baru, Aamiin.
Good night, all!
B7A-Ua1CMAAnmAW

Sumber gambar:
https://pbs.twimg.com/media/B7A-Ua1CMAAnmAW.jpg

Tidak ada komentar :

Posting Komentar